RAPIM PEMBEKALAN PENINGKATAN AKUNTABILITAS DAN PENGELOLAAN KEUANGAN HIBAH

Garut, 29 April 2016

KPU Provinsi Jawa Barat mengadakan Rapat Pimpinan bagi KPU Kab/Kota Se Jawa Barat selama 2 hari (28-29 April 2016) bertempat di Garut.

Rapim yang Agendanya adalah Pembekalan Peningkatan Akuntabilitas dan Pengelolaan Keuangan Hibah ini, menghadirkan beberapa Narasumber diantaranya adalah dari ICW, BPK, KPK dan KPU RI.

Dalam paparan materinya Ucok Sky Khadafi dari ICW mengatakan pentingnya Keterbukaan mulai dari Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Anggaran. Kedua, bahwa KPU sebagai Lembaga Hierarkis maka semua sumber anggaran di APBN, termasuk Pilkada regulasinya dari DPR RI dan menjaga Politisasi Anggaran oleh Calon Petahana maupun DPRD.

Sementara Komisioner KPU RI Dr. Ferry Kurnia Rizkyansyah memberikan materi tentang Pendanaan Pilkada Serentak. Dalam paparannya beliau menyampaikan terdapat tiga hal yang menjadi syarat untuk menjaga Integritas, Kemandirian dan Profesionalitas para Penyelenggara Pemilu yaitu :

  1. Membangun sistem nilai dan budaya tentang kerja
  2. Mencipatakan layanan prima
  3. Pengendalian kinerja melalui sistem reward dan punisment yang jelas

Narasumber dari Indonesian Corruption Watch (ICW), Ade Irawan menyebutkan kasus terkait pengelolaan anggaran terjadi sebelum, pada saat dan setelah pelaksanaan Pilkada.

Kasus tersebut mengganggu rangkaian Pelaksanaan Pilkada dan Kredibilitas Hasil Pilkada, dikatakan ada beberapa cara dalam Peningkatan Pengelolaan Keuangan Hibah :

  1. Ajak dalam Penyusunan Anggaran Proposal Hibah, kendala yang ditemui adalah minimnya kemauan dan kemampuan masyarakat terhadap penyusunan anggaran. Tetapi, KPU diharapkan untuk memulai transparansi anggaran kepada masyarakat,
  2. Keterbukaan anggaran dengan di unggah di website dan sosialisasi di media lokal, dan
  3. Membuka unit layanan aduan masyarakat

Hingga saat ini rapat masih berlangsung dan dari KPU Kabupaten Cirebon dihadiri oleh Saefuddin Jazuli M.Si (Ketua), Sudiono, S.Pd (Kom. Div. Anggaran), Sonson M. Ichsan (Sekretaris), serta Sonang Sitorus (Staf)

IMG_20160429_085036 IMG_20160429_085811

Posted in Berita, Headline, Kegiatan.

Tinggalkan Balasan