KPU Terima DP4 Pemilihan Serentak 2020

Jakarta,kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) untuk Pemilihan Serentak 2020 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Gedung KPU RI, Jakarta, Kamis (23/1).

DP4 secara simbolis diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan diterima Ketua KPU RI Arief Budiman. “Tahun ini, DP4 yang kami serahkan sebanyak 105.396.460 jiwa dengan jumlah laki-laki sebanyak 52.778.939 jiwa dan perempuan 52.617.521 jiwa,” papar Tito 

Jumlah DP4 tersebut tersebar di 270 Daerah yang melaksanakan Pemilihan Serentak 2020 baik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Ketua KPU RI, Arief Budiman menjelaskan tindaklanjut dari DP4 yang diterima akan dilakukan sinkronisasi untuk kemudian ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan dilakukan pemutakhiran sebelum nantinya ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dari DPT yang ditetapkan, KPU kemudian dapat menyusun jumlah TPS dan logistik yang dibutuhkan di setiap daerah. “Data pemilih itu menjadi salah satu core business nya KPU selain pemungutan dan penghitungan suara, ini menjadi salah satu urusan penting, jadi beberapa komponen supaya pemilu bisa berjalan baik,” ungkap Arief.

Arief mengatakan penyerahan DP4 secara terbuka sekaligus menegaskan komitmen transparansi yang dibangun KPU kepada masyarakat. “Mudah-mudahan kerja yang transparan didukung kemandirian KPU dalam menentukan dan membuat kebijakan profesionalisme kita,” pungkas Arief.

Selain KPU dan stakeholder terkait, kegiatan penyerahan DP4 Pemilihan 2020 turut dihadiri oleh Partai Politik Peserta Pemilu, Non Government Organization (NGO) dan Media Massa. (hupmas kpu ri bil/foto: ieam/ed diR)

Sumber : www.kpu.go.id

You may also like...