Jaga Validitas Data Pemilih, Melalui Pemutakhiran DPB

Jakarta, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Indramayu pada Jumat (26/3/2021) mendatangi Kantor KPU RI untuk beraudiensi dan menyampaikan hasil Pemilihan 2020 didaerah masing-masing.

Didampingi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat ketiga KPU Kabupaten yang diwakili Anggota Divisi Data dan operator juga meminta arahan dan evaluasi untuk penyelenggaraan pemilu dan pemilihan berikutnya.

Rombongan diterima Anggota KPU RI Viryan, sementara hadir dari KPU Jawa Barat, mendampingi Anggota Titik Nurhayati.

Viryan pada kesempatan ini banyak membicarakan tentang kerja KPU usai Pemilihan 2020, terutama upaya menjaga data pemilih agar tetap valid meski tidak menyelenggarakan tahapan pemilihan. Melalui pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) pria asal Kalimantan Barat berharap data pemilih tetap terjaga, tentunya dengan kesungguhan jajaran ditingkat kab/kota dan provinsi untuk rutin memperbarui data pemilihnya masing-masing.

Viryan juga menyampaikan rencana pemanfaatan aplikasi untuk memperbarui data pemilih ini. Menggunakan Sidalih berkelanjutan dia berharap perubahan data, baik pemilih baru, pemilih meninggal dunia, beralih status (TNI/Polri) bisa segera terlaporkan. “Dalam konteks Sidalih berkelanjutan ini disusun dengan prinsip power the vooters,” tutur Viryan.

Lebih lanjut untuk menyukseskan pemutakhiran DPB, Viryan juga meminta jajaran penyelenggara KPU untuk tidak segan berkoordinasi dengan para pihak didaerah. Terutama pemerintah daerah yang menangani data kependudukan. “Terima kasih atas masukannya. Semakin yakin banyak aplikasi yang sudah terbudaya tinggal menata,” tutup Viryan.

Diluar itu Viryan juga mengingatkan terkait Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) hasil Pemilihan 2020 yang menjadi bagian dari tahapan pemilihan dan proses penyusunan data pemilih serta bahan evaluasi untuk kemudian menjadi desain dan kerangka kerja berikutnya. (humas kpu ri ieam-jap/foto: ieam/ed diR)

Posted in Berita.