Galang Donasi, KPU Bantu Korban Bencana Longsor di Sumedang

Cianjur, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyerahkan donasi bantuan atas bencana alam tanah longsor yang terjadi pada 9 Januari 2021 di Sumedang. Pengumpulan donasi ini sebagai bentuk solidaritas dan keprihatinan KPU terhadap bencana alam yang melanda beberapa wilayah di Indonesia pada awal tahun 2021, yaitu bencana alam banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel), gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar) dan tanah longsor di Sumedang Jawa Barat (Jabar).

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU RI Ilham Saputra, donasi yang diinisiasi KPU RI ini dikumpulkan dari sumbangan KPU RI dan jajaran penyelenggara pemilu seluruh Indonesia dan saat ini telah terkumpul sekitar Rp461 Juta. Donasi ini diprioritaskan untuk disalurkan kepada para penyelenggara pemilu yang terdampak bencana alam.

“Saat ini KPU Kabupaten Sumedang menjemput bola donasi ke sini, selanjutnya nanti kami juga akan datang ke Kalsel dan Sulbar untuk menyerahkan donasi. Semoga donasi ini bisa bermanfaat bagi para petugas PPK, PPS dan KPPS yang terdampak bencana dan semoga bagi kita semua yang menyumbang dana diberikan ganjaran Allah SWT,” tutur Ilham usai menyerahkan donasi di sela Rapat Kerja internal KPU RI di Cianjur, Rabu (10/2/2021).

Di kesempatan yang sama, Ketua KPU Kabupaten Sumedang Ogi Ahmad Fauzi mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh keluarga besar KPU yang telah menyisihkan rezekinya untuk membantu Sumedang. Sumbangan KPU RI ini adalah sumbangan ketiga yang diterima KPU Kabupaten Sumedang, sebelumnya ada sumbangan dari KPU Kabupaten/Kota se-Jabar dan hasil pengumpulan donasi KPU Kota Banjar dari berbagai pihak. Semua bantuan itu akan disalurkan bersama berbarengan dengan bantuan dari KPU RI.

“Kebetulan lokasi bencana tanah longsor ini berada tepat di depan rumah orang tua saya yang saat ini dijadikan lokasi berkumpul para relawan. Bencana ini telah menelan korban jiwa 40 orang dan 140 KK masih direlokasi. Selama 6 bulan ke depan para korban masih menjadi tanggungan pemda, namun kondisi keuangan saat ini sudah kian menipis. Harapan kita, semua donasi ini dapat bermanfaat bagi para korban yang terdampak,” tutur Ogi yang hadir bersama Sekretaris KPU Provinsi Jabar dan Sekretaris KPU Kabupaten Sumedang. (hupmas kpu ri arf/foto: arf/ed diR)

 

Sumber : www.kpu.go.id

Posted in Berita, Edukasi, Headline, Kegiatan.