Empat Prioritas KPU di 2021

Manado, kpu.go.id – Memasuki catur wulan pertama 2021, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap sibuk dengan persiapan penyelenggaraan proses demokrasi berikutnya, yakni Pemilu dan Pemilihan 2024. Meski masih tiga tahun lagi, kenyataannya persiapan harus dilakukan sedini mungkin, guna memastikan semua elemen pendukung Pemilu dan Pemilihan 2024 berjalan sesuai tahapan yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan.

Selain itu tahapan Pemilihan Serentak 2020 praktis belum tuntas seluruhnya usai Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan penghitungan suara ulang di sejumlah daerah.

Menyikapi hal tersebut Anggota KPU RI, Pramono Ubaid Thantowi pada Rapat Evaluasi Perencanaan Anggaran Pemilihan Sulawesi Utara Tahun 2020, Rabu (24/3/2021) mengatakan ada 4 prioritas yang akan dilakukan lembaganya di 2021 ini. Pertama evaluasi kelembagaan, kedua penyiapan regulasi, ketiga penguatan infrastruktur teknologi informasi, keempat publikasi atas data yang dimiliki.

Terkait evaluasi kelembagaan, Pramono mengungkapkan akan dilaksanakan pencermatan dari berbagai aspek, divisi dan biro di KPU yang juga akan melibatkan banyak pihak seperti akademisi, LSM, pemerhati pemilu untuk memberikan pandangan yang lebih komprehensif. Sementara penyiapan regulasi dilakukan untuk menghadapi penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan 2024. “Berangkat pada tahapan Pemilu 2019 dan Pemilihan 2020, regulasi yang terlambat disahkan, tidak banyak memberikan waktu untuk kita menyosialisasikan kepada peserta maupun stakeholder dan masyarakat lainnya. Ataupun bimtek/simulai kepada anggota dibawah,” ungkap Pramono.

Adapun untuk prioritas ketiga, KPU disampaikan Pramono akan memperkuat infrastruktur teknologi informasi, mengintegrasikan data dan sistem informasi. Sistem Informasi yang akan diintegrasikan seperti SIPOL, SILON, SIDALIH, SILOG. Dan prioritas keempat adalah fokus kepada publikasi atas data-data yang dimiliki berupa analisa data-data yang ada sebagai langkah untuk meningkatkan penyelenggaraan selanjutnya.

Diluar itu Pramono menyampaikan apresiasi atas kinerja para penyelenggara yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Mengingat tantangan penyelenggaraan Pemilihan 2020 yang tidak mudah ditambah hadirnya pandemi Covid-19.

Rapat Evaluasi Perencanaan Anggaran Pemilihan Sulawesi Utara Tahun 2020 dihadiri oleh Ketua Divisi Perencanaan dan Data, dan Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Data KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara. (humas kpu ri irul/foto: james/ed diR)

Posted in Berita.